Cara Pasang Iklan Di Google Ads Buat Pemula (terkini)
Anda punya usaha, tapi belum pernah mengiklankannya lewat Google Ads? Kalau belum, aduh… poly potensi cuan yang terlewatkan, lho.
Perlu Anda memahami, 80% merk memakai Google Ads buat kenaikan pangkatusaha (WebFX, 2020). Sebab, beriklan di Google menciptakan taktik kenaikan pangkatbrand lebih mudah sampai bisa menjangkau sasaran pasar yg tepat.
Tapi nir usah risi. Setelah membaca artikel ini, Anda mampu melakukan cara pasang iklan di Google sendiri. Di sini, kami akan menyebutkan cara pasang iklan di Google Ads termudah dan terlengkap untuk pemula. Yuk lanjut ke bawah!Apa Itu Google Ads?
Google Ads merupakan layanan iklan buat mempromosikan bisnis ataupun produk/layanan Anda pada hasil penelusuran Google. Dulunya, layanan ini dikenal menggunakan nama Google Adwords.
Menggunakan Google Ads, iklan Anda sanggup muncul di Google Penelusuran, Maps, Google Play, ataupun platform Google lainnya.
Tak hanya memunculkan iklan di loka yg strategis, manfaat Google Ads pula buat memaksimalkan promosi. Ini beberapa kelebihan pasang iklan di Google:Iklan berpotensi menjangkau banyak orang, mengingat Google merupakan search engine angka satu yang orang gunakanMemudahkan bisnis melakukan remarketing alias menjaring customer potensial yang pernah berinteraksi menggunakan merkMembidik iklan sesuai target audiens khusus lewat pengaturan iklan yang mudahBebas mengatur aturan ads
Bisa Anda mengerti, cara pasang iklan pada Google berpotensi mendatangkan lebih banyak customer. Buktinya, tingkat konversi homogen-rata Google Ads mencapai 3.75% (Webfx, 2019).
Kalau Anda tidak mau ketinggalan manfaat iklan Google, yuk siapkan diri buat cara membuat iklan pada Google yang akan kami bahas pada bawah ini.Persiapan Cara Pasang Iklan di Google
Agar cara membuat iklan di Google Anda sempurna, lakukan persiapan berikut:1. Siapkan Nama Bisnis
Sebaiknya, siapkan nama bisnis buat cara pasang iklan pada Google. Sebab waktu pendaftaranGoogle Adwords, Anda harus mengisi bukti diri usaha Anda.
Baca Juga: Tips Nama Toko Online2. Pahami Tujuan Iklan
Sebelum menciptakan iklan pada Google, pastikan Anda punya tujuan kenaikan pangkatyang kentara. Sebagai tips, pahami dulu mengenai sales funnel supaya Anda lebih mudah memilih tujuan cara beriklan pada Google:Awareness: pelanggan potensial mengenal & memeriksa brand AndaInterest: pelanggan potensial melakukan riset tentang produk AndaDecision: pelanggan potensial konfiden membeli produk AndaAction: pelanggan potensial melakukan transaksi Retention: pelanggan melakukan pembelian kedua & seterusnya
Katakanlah penekanan Anda ke fase awareness. Maka, tujuan beriklan pada Google Anda yaitu menaikkan traffic website, menjangkau sebanyak mungkin audiens, dsb.tiga. Lakukan Riset Keyword
Setelah tujuan cara pasang iklan pada Google kentara, jangan lupa riset keyword, ya. Ini krusial, lantaran keyword yg relevan memungkinkan ads ditemukan oleh target audiens yang sempurna.
Pertimbangan keyword bisa dari volume pencarian, taraf kesulitan keyword, saran kata kunci, maupun hasil dalam search engine result laman (SERP).
Biar lebih simpel, silakan gunakan keyword tools semacam Google Search, Google Trends, Google Keyword Planner, dll.4. Miliki Website
Untuk cara iklan di Google, Anda harus memiliki website. Lantaran, iklan Google Ads terhubung ke website Anda dan akan mengarahkan audiens ke situs tadi. Sehingga saat mengaktifkan ads, Google iuga akan menanyakan website Anda apa.
Jadi jika Anda belum punya, silakan lakukan dulu cara menciptakan website. Kami sarankan, pakai jenis layanan hosting yg cocok bagi usaha minisampai menengah misalnya.Simple WordPress, cocok bagi pebisnis pemula yang membutuhkan website WordPress siap gunakan.WordPress Hosting, tepat bagi pebisnis pemula yang ingin fokus ke pengembangan usaha lewat CMS WordPress, tapi permanen mampu mengatur sisi teknis website menggunakan sederhana. Misalnya, menggunakan berbagai versi PHP.Unlimited Hosting, cocok untuk pebisnis yg butuh fleksibilitas konfigurasi sederhana pada website. Misalnya, opsi yg lebih banyak buat menentukan CMS.
Setelah mempunyai website, Anda bisa praktek cara pasang iklan pada Google secara langsung. Tapi bila belum, jua tidak apa-apa, karena Anda sanggup mempraktekkannya nanti.
Baca Juga: Memilih Hosting buat PemulaCara Pasang Iklan pada Google
Cara pasang iklan pada Google:1. Buka Google Ads
Pertama, buka dulu halaman Google Ads. Lalu, klik tombol Get Started.
Kalau Anda belum mempunyai akun Google Ads, Google akan meminta Anda melakukan cara daftar Google AdSense. Namun bila telah, Anda mampu pribadi lanjut ke tahapan berikutnya.2. Tentukan Tujuan Iklan
Cara pasang iklan di Google berikutnya, tentukan tujuan iklan.
Ada beberapa tujuan Google Adwords yg sanggup Anda pilih, yaitu:Sales: mempertinggi penjualan pada toko online, aplikasi, sampai teleponLeads: mendorong pelanggan yang relevan (leads) buat melakukan suatu action. Misalnya, menaruh fakta hubungan mereka.Website traffic: menarik audiens buat mengunjungi website AndaProduct and brand consideration: memperkenalkan bisnis dan layanan Anda ke audiens lebih luasBrand awareness and reach: menjangkau lebih poly audiensApp promotion: menaikkan jumlah instal pelaksanaan, sampai registrasi aplikasiLocal store visits and promotions: mendorong audiens mengunjungi toko Anda
Kalau sudah menentukan, silakan tekan tombol Continue.tiga. Pilih Tipe Kampanye
Cara beriklan pada Google berikutnya, pilih tipe kampanye yg Anda butuhkan.
Setiap jenis iklan Google Ads didesain menurut tujuan eksklusif. Ada beberapa jenis iklan Google Ads, pada antaranya:Search: iklan Google yg ada pada laman output pencarian (SERP) dan bertujuan menaikkan penjualan, trafik website,Performance max: iklan Google yg secara otomatis menampilkan aset iklan tertentu buat suatu kampanye Display, yaitu jenis iklan teks & gambar yang timbul pada website, pelaksanaan, & games buat meningkatkan merk awarenessDiscovery: iklan Google ada di output penelusuran YouTube, Gmail, dsbShopping: iklan Google menampilkan katalog produkVideo: iklan Google timbul pada YouTube
Selain itu, masih banyak lagi jenis iklan Google Ads yg mampu Anda pilih. Yang mana, masing-masing punya format & ukuran banner Google Adwords yg tidak selaras.
Setelah memilih tipe kampanye, klik tombol Continue.4. Pilih Lokasi Penayangan Iklan
Di tahap ini, Anda wajibmemilih lokasi penayangan iklan. Misalnya, di Search Network, ataupun Display Network.
Bedanya, Search Network memungkinkan iklan timbul pada output penelusuran Google juga layanan Google lainnya. Sedangkan Display Network, memungkinkan iklan muncul pada platform selain Google. Misalnya, aplikasi ataupun website milik seseorang.
Setelah menentukan, gulir mouse ke bawah buat mengisi pengaturan berikutnya.
Baca Juga: Search Engine Marketing5. Tentukan Target Audiens
Pada tahapan ini, tentukan sasaran audiens yang ingin Anda bidik. Baik lokasi negara, bahasa, hingga segmentasi audiens yg lebih detail. Misalnya, demografik, ketertarikan, dll.
Ingat, hati-hati pada memilih sasaran audiens Google Adwords. Sebab, iklan Anda nantinya lebih berpotensi muncul ke target audiens sesuai pengaturan ini & menentukan keberhasilan kampanye pemasaran Anda.6. Tentukan Budget
Sekarang, Anda wajibmenentukan budget iklan di Google. Untuk iklan di Indonesia, budget minimal yang perlu Anda keluarkan merupakan Rp50ribu. Ini bisa berubah, sesuai negara yang Anda bidik.
Di bawah tab Budget, terdapat Bidding. Bidding merupakan anggaran buat mengiklankan kata kunci eksklusif berdasarkan penekanan eksklusif. Misalnya, menurut click, views, dsb.
Nantinya, Google Adwords akan mengatur penayangan iklan Anda, sesuai dengan jumlah aturan yang Anda tetapkan. Kalau terlalu rendah, mampu jadi iklan Anda sporadis muncul. Begitu juga kebalikannya.
Baca Juga: Pay Per Click7. Masukkan Kata Kunci
Selanjutnya, tambahkan kata kunci yg sudah Anda riset waktu bagian persiapan cara pasang iklan di Google.
Kalau Anda bingung, silakan klik tombol Get Keyword Suggestion buat menerima banyak sekali rekomendasi istilah kunci yang tepat.8. Buat Iklan
Sekarang, saatnya membuat tampilan iklan pada Google. Anda sanggup mengatur headline, deskripsi, jua tombol CTA yang diinginkan. Lalu, lihat perkiraan tampilan iklan di Google lewat tab Preview.9. Lakukan Pembayaran
Langkah terakhir, konfirmasi pembayaran dan selesaikan transaksi.
Lengkapi aneka macam isu pembayaran misalnya billing country, time zone, kode promo, sampai data customer.
Selanjutnya, pilih tipe pembayaran & metode pembayaran.
Pada tipe pembayaran, tentukan apakah Anda ingin pembayaran iklan manual atau otomatis. Cara pembayaran otomatis mengharuskan Anda mempunyai kartu kredit. Sedangkan cara manual cukup menggunakan ATM ataupun mobile banking.
Posting Komentar